Sabtu, 11 Desember 2010

"sakit" yang berbeda

Kleptomania 
tanda-tanda : nggak pernah bisa melihat barang milik orang lain. Bawaannya pengen langsung ngambil terus. Padahal sebenarnya dia nggak terlalu membutuhkan barang itu.
penyebab : pernah mengalami kejadian emosional buruk di masa kecil dan memiliki gangguan psikologis, seperti sering memakai obat-obatan dan punya gangguan makan. Kondisi lingkungan yang "kacau" juga bisa memacu seseorang untuk menjadi seorang kleptomania.

Hypochondria
tanda-tanda : selalu ngerasa takut akan kesehatan tubuhnya dan selalu dihantui sama masalah kematian. Gejalanya adalah sering pusing, sakit pinggang, ngerasa capek luar biasa, dan jantung berdebar tidak beraturan.
penyebab : ketidakmampuan untuk menerjemahkan penyakit yang diderita adalah sebab utama seseorang mengidap penyakit ini. Seperti, saat matanya terasa sakit, mereka langsung berpikir akan segera buta. Semua itu juga berhubungan dengan daya tahan tubuh mereka yang rendah dan punya masalah psikologis.


Narcissistic Personality Disorder
tanda-tanda : selalu siap pose kalau ada kamera dan nggak bisa jauh dari kaca. Si penderita juga sangat mencintai diri sendiri dan nggak peduli sama orang lain.
penyebab : kurang perhatian dari orang sekitar membuat penderita selalu ingin membuat orang notice akan keberadaannya. Mereka juga haus pujian dan nggak bisa menerima kritikan.

Paranoid Personality Disorder
tanda-tanda : selalu ngerasa semua orang bakal berbuat jahat padanya. Penderita juga sering marah tanpa sebab dan sering mencari kesalahan orang lain.
penyebab : waktu kecil pernah mengalami kekerasan psikis dan hal itu mengalami ketakutan berlebihan. Sampai kadang nggak mau mengendalikan diri.

Self Injurious Behaviour
tanda-tanda : sering mengiris pergelangan tangannya sendiri atau membenturkan kepala ke tembok. Mereka juga sering histeris secara tiba-tiba
penyebab : tekanan batin yang dialami bikin si penderita melakukan ini untuk membuat orang mengerti padanya. Soalnya, si penderita nggak tahu cara lain untuk mengeskpresikan diri.

Shopping Addiction
tanda-tanda : nggak pernah tahan untuk nggak berbelanja gila-gilaan. Terus, selesai belanja bakal ngerasa nyesel, marah, dan sedih karena sadar nggak butuh semua itu.
penyebab : si penderita ingin selalu terlihat kaya dan glamour, dan belanja adalah cara paling pas baginya untuk ngedapetin semua itu. "Kegilaan" mereka bakal makin parah kalau dalam kondisi sangat marah dan sedih.




diambil dari majalah remaja ANEKA YESS! No. 22. 27 Oktober-9 November 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar