Senin, 13 Desember 2010

Buaya Purba

Ditemukan, Buaya Purba Berumur 100 Juta Tahun di Thailand


BANGKOK (Berita SuaraMedia) - Sebuah fosil kepala hewan purba ditemukan di Thailand. Bentuknya relatif pipih, dengan bentuk moncong yang memanjang. Setelah diindentifikasi, itu adalah fosil buaya  yang diperkirakan hidup 100 juta tahun lalu.

Komsom Lauprasert, seorang ilmuwan di Mahasarakham University, mengatakan bahwa spesies buaya tersebut memiliki kaki yang lebih panjang dari buaya modern dan mungkin mangsanya adalah ikan, ini melihat dari karakteristik giginya. Demikian seperti yang diberitakan Associated Press, Jumat (26/11/2010).

"Mereka hidup di daratan dan bisa berlari sangat cepat," kata Komsorn.

Fosil yang berukuran 15 sentimeter aslinya didapat dari situs penggalian di provinsi Nakhon Rathcasima atau Korat, sebelumnya belum diidentifikasi kalau ternyata adalah bagian dari spesies
yang berbeda.
Spesies buaya purba tersebut diberi nama 'Khoratosuchus Jintasakuli' diambil dari nama provinsi Korat, tempat di mana fosil tersebut ditemukan.
Sementara nama terakhir dari diambil dari nama dirut Northeastern Research Institute of Pterified Wood and Mineral Resources, Pratueng Jintasakul.

Temuan buaya ini telah dipublikasikan dalam The Geological Society, London.

Wilayah tenggara Thailand sejak lama telah dinyatakan sebagai situs penting bagi para paleontologis. Sejumlah temuan penting ditemukan di lokasi yang dijuluki 'sabuk dinosaurus' itu, di mana sedimen batuan era Mesozoikum terdorong ke permukaan.

Peneliti gabungan dari Thailand dan  Perancis mulai melakukan penelitian bersama di kawasan itu pada 1980 -- setelah ilmuwan pencari uranium menemukan tulang paha dinosaurus pada akhir tahun 1970. (ar/vs/ok) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar